Minggu, 14 Oktober 2012

OTAKU

         Bagi kalian yang menyukai Anime atau Manga pastinya tidak asing lagi dengan istilah OTAKU. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Otaku ? Mari kita bahas...

        Otaku adalah sebutan untuk seorang yang menyukai suatu benda atau animasi secara mendalam. Otaku yang sering dijumpai mempunyai berperilaku aneh, tertutup dan tidak mudah bersosialisasi. Otaku lebih nyaman berhubungan dengan sesama otaku atau dengan objek yang disukainya (misalnya anime, manga, game).
        
         Dengan segala kecanggihan tekhnologi di Jepang, Otaku lebih sering berhubungan dengan sesama Otaku melalui internet, tanpa kenal nama asli maupun sosok orang yang sebenarnya. Mereka bertukar informasi karena bagi Otaku, informasi adalah segalanya. Sekecil dan sesepele apapun informasi itu, yang penting mereka tahu. Adalah kebanggaan bila tahu suatu informasi yang tidak/belum diketahui oleh orang lain atau sesama Otaku.
 
        Jadi bagi otaku, nama anjing peliharaan mangaka favoritnya atau pekerjaan ayah artis idolanya itu sangat penting. Informasi juga menjadi ukuran seberapa hebat dirinya sebagai otaku. Karena itu para otaku sering disebut sebagai maniak karena kesukaan mereka pada sesuatu benar-benar total.

        Sayangnya, karena sebagian otaku ini bersikap anti sosial, tertutup, dan nampak aneh bagi orang-orang yang non-otaku, jadilah anggapan umum bahwa otaku adalah buruk.

        Menurutku, sah-sah saja jika menyebut fans yang memang tahu banyak soal Anime, Manga, atau J-music sebagai Otaku. Aku juga Seorang penyuka Anime dan Manga, tapi belum bisa disebut OTAKU.

 

• ᴥ • Diva Pratiwi ( )

Tidak ada komentar: